banner dakwahyu
dakwahyu.com - Mau istiqamah ? insyaallah ini tipsnya
Hikmah

Mau istiqamah ? insyaallah ini tipsnya

Oleh Lukman Firdaus pada 15 April 2015

Istiqamah adalah hal yang sangat sulit untuk di jalankan karena iblis senantiasa menghembuskan godaaan ke dalam dada manusia lewat golongan jin dan manusia sebagai mana firman allah "Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia dari (golongan) jin dan manusia"(an-naas:4-6). lalu gimana cara kita agar terhindar dari godaan iblis dan tetap istiqamah ? tentunya kita wajib mengenal apa itu istiqamah, Yang dimaksud istiqomah adalah menempuh jalan (agama) yang lurus (benar) dengan tidak berpaling ke kiri maupun ke kanan. Istiqomah ini mencakup pelaksanaan semua bentuk ketaatan (kepada Allah swt) lahir dan batin, dan meninggalkan semua bentuk larangan-Nya. "Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Rabb kami ialah Allah, kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih, dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu" (QS. Fushilat: 30).

Pasti selalu saja ada godaan saat kita ingin istiqamah di jalan allah, kadang tergelincir bahkan terjatuh, tak jarang kita selalu tergoda oleh hal yang sama, untuk menutupi semua itu wajib bagi kita untuk senantiasa beristigfar, Rasullah Muhammad SAW. senantiasa mengucapkan istigfar kurang lebih seribu kali sehari, walaupun Rasullah Muhammad SAW. sudah di jamin masuk ke surga, Rasullah Muhammad SAW senantiasa agar dapat menjaga hati, lisan dan langkahnya, setiap malam Rasullah Muhammad SAW mencontohkan selalu muhasabah membaca apa yang telah ia lakukan hari ini dan hari sebelumnya, Rasullah Muhammad SAW senantiasa memohon ampun kepada Allah SWT karena ia yakin manusia adalah makhluk yang lemah, hanya bisa mengusahakan dan hasilnya allah yang menentukan, firman Allah SWT "Katakanlah: “Bahwasanya aku hanyalah seorang manusia seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Rabbmu adalah Rabb Yang Maha Esa, maka tetaplah istiqomah pada jalan yan lurus menuju kepada-Nya dan mohonlah ampun kepada-Nya." (QS. Fushilat: 6).

Berikut ini insyaallah beberapa tips untuk kita selalu beristiqamah di jalan Allah :

1. mengamalkan baik dengan hati, lisan dan langkah kalimat Syahadat

“Allah meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang yang lalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.” (QS. Ibrahim: 27)

sangat penting bagi seorang Muslim untuk selalu menanamkan kalimat tauhid kedalam setiap hati, lisan, langkahnya, baik saat dia bekerja, di sekolah dan dimanapun dia berada, saat ia berada di kantor, haruslah ia menjadi menjadikan diri sebagai seorang muslim yang sedang bekerja, saat ia berada di sekolah haruslah ia menjadi seorang muslim yang sedang belajar. karena allah senantiasa menjaga muslim yang selalu menjaga niatnya

2. Tadabur Al-Quran dan Sunnah-nya

bayangkan jika kita berada di hutan dan kita tidak membawa peta maupun kompas, pasti kita tersesat. Begitu pula kita hidup dunia ini, Allah menurunkan Al-Quran sebagai pedoman hidup manusia tanpa memakai Al-Quran senantiasa kita berjalan di muka bumi ini dalam keadaan yang kebingungan tanpa petunjuk.

3. Lebih baik sedikit tapi berkelanjutan daripada banyak tapi terputus

Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

"Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit." ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya. (HR. Muslim no. 783).

4. Membaca kisah-kisah orang sholeh sehingga bisa dijadikan uswah (teladan) dalam istiqomah.

Dalam Al Qur’an banyak diceritakan kisah-kisah para nabi, rasul, dan orang-orang yang beriman yang terdahulu.Kisah-kisah ini Allah swt jadikan untuk meneguhkan hati Rasulullah saw dengan mengambil teladan dari kisah-kisah tersebut ketika menghadapi permusuhan orang-orang kafir.Allah swt berfirman:

“Dan semua kisah dari rasul-rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman”. (QS. Hud: 11)

Contohnya kita bisa mengambil kisah istiqomahnya Nabi Ibrahim. 

5.Memperbanyak do’a pada Allah swt agar diberi keistiqomahan.

Di antara sifat orang beriman adalah selalu memohon dan berdo’a kepada Allah swt agar diberi keteguhan di atas kebenaran.Dalam Al Qur’an Allah swt memuji orang-orang yang beriman yang selalu berdo’a kepada-NYA untuk meminta keteguhan iman ketika menghadapi ujian.Allah swt berfirman:
"Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertaqwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang sabar. Tidak ada do’a mereka selain ucapan: ‘Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-lebihan dalam urusan kami dan teguhkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir‘. Karena itu Allah memberikan kepada mereka pahala di dunia dan pahala yang baik di akhirat. Dan Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebaikan"(QS. Ali ‘Imran: 146-148).

Do’a yang paling sering Nabi saw panjatkan adalah:

“Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘alaa diinik (Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu).”

Demikian beberapa kiat mengenai istiqomah.Semoga Allah swt senantiasa meneguhkan kita di atas ajaran agama yang hanif (lurus) ini.Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hati kami di atas agama-MU, aamiin (LF)

Komentar