banner dakwahyu
dakwahyu.com - Menghindari Mendiamkan Orang Lain Lebih Dari Tiga Hari
Islami

Menghindari Mendiamkan Orang Lain Lebih Dari Tiga Hari

Oleh Lukman Firdaus pada 08 April 2015

Diantara hak seorang Muslim adalah tidak mendiamkan orang yang dikenal lebih dari tiga hari, meskipun ia sedang marah terhadapnya.

Abu Ayub al-Anshari berkata: Rasulullah Saw. bersabda:
"Tidak halal bagi seorang Muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga hari, (yang mana sebelumnya) mereka berdua saling bertemu, bercerita ini dan itu. Yang palin gbaik dari mereka adalah orang yang memulai mengucapkan salam." (Al-Bukhari, Imam Muslim)

"Barang siapa yang selalu mengatakan keburukan seorang Muslim, maka Allah akan mengatakan keburukannya besok di hari kiamat." (Abu Dawud 3/274)

Ikrimah berkata; Allah Swt berfirman kepada nabi Yusuf bin Ya'qub; Dengan ma'afmu kepada saudara-saudaramu, kamu telah meningkatkan kedudukan kamu di dunia dan akhirat. 

'A'isyah berkata: Rasullah Swt. tidak pernah menghukum dirinya kecuali beliau menjauhi hukuman itu karena diharamkan Allah, beliau akan menghukum karena Allah.

Ibnu Abbas berkata; Seseorang tidak akan mema'afkan kedzaliman kecuali Allah akan menambah kemuliaan sebab perbuatannya itu. Rasulullah Saw. bersabda:
"Tidaklah berkurang harta yang dimiliki sebab sedekah yang diberikan, dan Allah tidak akan menambahkan pada seseorang yang suka memberi ma'af kecuali menambahkan kemuliaan, dan tiada seorang yang merendahkan diri kepada Allah kecuali Allah akan meningkatkan derajatnya." (es)

Sumber: Bergaul ala Penghuni Surga, Imam al-Ghazali, Mirqat

Komentar