banner dakwahyu
dakwahyu.com - Panen Pahala Saat Haid
Muslimah

Panen Pahala Saat Haid

Oleh Dian Lestari Meidina pada 21 March 2016

Sebagai seorang muslimah yang sudah baligh pastilah kita mengalami kondisi yang disebut haid atau dalam  islam disebut dengan ‘Adza’ yaitu darah atau kotoran. Ataupun dikatakan sebagai suatu halangan untuk melakukan beberapa ibadah yang biasa para muslimah lakukan sehari-hari seperti shalat dan berpuasa dengan demikian banyak yang beranggapan bahwa saat haid para muslimah ‘libur’ dari kegiatan keibadahannya ditambah dengan kondisi badan yang kurang fit dan lemas saat haid membuat para muslimah memberikan toleransi untuk bermalas-malasan dalam beribadah. Padahal masih banyak peluang-peluang beribadah saat haid yang dapat kita lakukan, seperti :

 1. Al-'Ibadat al-Qalbiyyah (Ibadah Hati)


Ibadah ini dilakukan dengan cara mencoba dan berusaha menghidupkan kehadiran Allah didalam hati kita , menjaga hati untuk selalu takut, bersyukur, berharap hanya kepada-Nya dan mengingat-ngingat kebesaran-Nya sehingga walaupun tidak bisa melakukan shalat hati anda selalu terhubung dengan Allah dan hatipun menjadi tenang.

2. Al-'Ibadat al-Jasadiyyah (Ibadah Fisik)

Saat sedang haid tentunya kita tidak dapat melakukan ibadah Jasad seperti shalat dan berpuasa tetapi masih banyak peluang untuk kita selaku muslimah yang ingin mendapatkan pahala kapanpun, dengan membantu meringankan beban orang lain dengan fisik yang kita miliki hal tersebut sudah termasuk dalam ibadah disebutkan dalam hadis bahwa seseorang yang membantu saudaranya dan mengangkatkan barang dagangan saudaranya dianggap sudah melakukan ibadah, dengan melakukan kegiatan sehari-hari seperti mencuci baju, bekerja dan belajar yang diniatkan untuk mencari ridha Allahpun termasuk ibadah Jasadiyyah kita. bahkan dengan tersenyumpun kita sudah melakukan ibadah dengan fisik yang kita miliki


3. Al-'Ibadat al-Ma'aliyyah (Ibadah Harta)


Dalam beribah Ma'aliyyah ini tentunya bisa kita lakukan dalam keadaan sedang haid atau tidak.tidak perlu banyak, sedikit tapi kontinyu dan  ikhlas akan menambah pahala kita saat haid. 


4. Al-'Ibadat al-Lisaniyyah (Ibadah Lisan)

Beribadah dengan memfungsikan lisan untuk berzikir mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan mengucapkan kalimat thayyibah lainnya tetap bisa kita lakukan saat dalam keadaan haid untuk meraup pahala dikala haid. bershalawatpun tetap diperbolehkan untuk kita lakukan saat haid dan membac Al-Matsurat zikir pagi dan petang juga dianjurkan untuk kita yang ingin mendapatkan pahala saat haid.

5. Al-'Ibadat al-'Aqliyyah (Ibadah Akal)

Ialah ibadah yang memanfaatkan akal kita untuk merenungi kebesaran-kebesaran Allah dengan cara mengisi akal kita denga Ilmu Agama dan memahami kandungan yang ada dalam Al-Qur'anul Karim.

Itulah ibadah-ibadah yang dapat dilakukan saat dalam keadaan haid, sehingga saat haid kita tidak kehilangan peluang-peluang mendapatkan pahala dan tidak bermalas-malasan dalam beribadah.

Sumber : dikutip dari buku "Panen Pahala di Saat Haid-Budiman Mustofa, Lc dan  Nur Silaturahmah, Lc"

Komentar