banner dakwahyu
dakwahyu.com - Sedekah Kreatif
Muamalah

Sedekah Kreatif

Oleh risman pada 04 April 2016

Sedekah kreatif
Selama ini kita mengenal sedekah yang terlintas di benak adalah memberikan sejumlah uang dengan nominal terterntu sesuai keikhlasan diri dan di berikan kepada yang lebih membutuhkan.
Shadaqah sendiri secara umum berarti  menginfakkan harta di jalan Allah swt. Makna sedekah memang sering menunjukkan makna memberikan harta untuk hal tertentu di jalan Allah swt. Diantaranya ayat ayat tentang sedekah adalah Al-Baqarah (2): 264 dan Al-Taubah (9): 60.
Dari Kedua ayat di atas menggambarkan bahwa sedekah memiliki artian untuk mendermakan uang di jalan Allah swt, baik untuk kepentingan jihad fisabililah, pembangunan masjid atau untuk orang orang dengan keterbatasan finansial,  Bahkan pada ayat yang kedua, shadaqah secara khusus adalah bermakna zakat. 
Secara bahasa sendiri, sedekah berasal dari kata shidq yang berarti benar. Dan menurut Al-Qadhi Abu Bakar bin Arabi, benar di sini adalah benar dalam hubungan dengan sejalannya perbuatan dan ucapan serta keyakinan. Dalam makna seperti inilah, sedekah diibaratkan dalam hadits: “Dan sedekah itu merupakan burhan (bukti).” (HR. Muslim)    
Allah swt berjanji akan mengganti sedekah yang kita beri jika lakukan dengan ihklas.
    Inilah 21 Macam Sedekah Kreatif yang bukan hanya berbentuk sedekah uang, tentu saja ini hanya sebagian kecil dari berbagai metode sedekah kreatif yang ada.
1. Laundry/cucikan Mukena secara berkala musholla yg ada disekitar lingkungan kita. Setiap mukena tersebut digunakan shalat, maka kita akan mendapatkan pahalanya juga.
2. Saat ke pasar cobalah membeli beberapa pasang sandal. Taruh di kantor atau musholla dan masjid untuk di gunakan ketika berwudhu.
3. Kumpulkan botol minuman plastik/ botol bekas shampoo etc. Rusak dulu. Misal patahkan tutup botolnya. Agar tidak disalahgunakan. Setelah banyak berikan ke pemulung (naah Cara ini selain mencegah kotornya lingkungan juga menjadi manfaat tersendiri bagi pemulung)
4. Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yg kita singgahi. Hal ini mungkin kecl tapi manfaatnya besar.
5. Jangan  untuk tidak menawar saat membeli sesuatu dari pedagang kecil. Malah kalau bisa beri uang yang lebih untuk mereka. 
6. Saat beretmu pedagang kecil atau tukang asongan, Beli tissue atau keperluan yg remeh temeh dari mereka. Beli sesuatu dari mereka seperti tissue Rp. 2000, permen,ikat rambut atau peniti akan membuat mereka senang.
7. Saat menjelang Hari Raya Idul fitri, Cobalah membuat seBungkus kado atau parcel yang berisi perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur'an. Berikan ke satpam komplek, tetangga yang kurang mampu, tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor. Minimal 1 parcel senilai 100ribu saja. Insya Allah kita akan mendapatlkan pahala yang terus menerus. Jika yang kita berikan digunakan untuk beribadah.
8. Selalu siap jika dimintai tolong oleh siapapun minimal kita membantu dengan tenaga jika sedekah materi belum bisa kita lakukan
9. Membayar lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek2 atau bapak –bapak tua.
10. Berikan tips lebih buat ibu/abang ojek online kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yg kira2 memprihatinkan (tua misalnya)
11. Rutin mensortir mainan anak-anak kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan. Ajari dan ajak anak kita ketika memberi mainan tersebut ke temannya atau panti asuhan
12. Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar belikan mereka seporsi makanan seperti yang kita makan (mungkin sekitar 15ribuan seporsi nasi uduk ayam goreng atau roti bakar)
13. Tawarkan teman kita yang searah rumahnya. Jika kita bawa kendaraan. Tapi ingat tidak dianjurkan menawarkan ajakan bagi lawan jenis, hal ini untuk menghindari fitnah.
14. bongkar lemari kita, sumbangkan baju layak yang mungkin sudah tidak kita kenakan lagi. Atau sedekahkan beberapa potong baju lama saat kita membeli baju yang baru.
15. Membeli minimal 1 dust air kemasan, simpan di mushola atau majlis ta’lim di dekat rumah kita. Minimal seminggu sekali.
16. Membantu tetangga saat mereka membutuhkan bantuan kita. Jika punya makanan banyak berbagilah dengan mereka.
17. Jika ada tetangga yang sakit, jenguklah dan jika mereka keluarga yang kurang mampu sisihkan uang kta untuk tambahan biaya berobat mereka.
18. rajin rajin share di sosmed kita dengan memposting artikel artikel islam bermanfaat bagi temen teman online kita.
19. kalau kamu punya kemampuan di berbagai bidang tertentu, jadilah pengajar volunteer untuk anak anak terlantar ataupun kurang mampu, insya allah ilmu yang kamu punya bermanfaat untuk mereka.
20. taruh semangkuk air jernih, simpan di depan halaman rumah atau halaman belakang rumah, karena sangat memungkinkan ada seekor kucing atau sekedar seekor burung yang haus dan meminum air yang kita sediakan. Ingat sedekah juga berlaku bagi semua makhluk allah lainnya.
21. Sempatkan untuk membuat atau menyiapkan 1 nasi bungkus dari rumah. Berikan pada yang menurut kita membutuhkan. Pedagang kecil. Pengemis. Orang gila. Pengamen. Anak terlantar dll. Tidak harus banyak. Misalkan 1 bungkus setiap harinya.


dari list di atas kita semakin terbuka bahwa ladang amal shaleh sangatlah luas, tips di atas tentu hanya sebagian kecil dari tindakan kita dalam sedekah. Gunakan kreatifitas kita dalam hal berbagi kebaikan bagi sesama. 
Semoga bermanfaat, wasalam.

Komentar