banner dakwahyu
dakwahyu.com - Senyumlah, saudaraku
Muamalah

Senyumlah, saudaraku

Oleh Maulida Khoerunnisa pada 01 April 2016

Senyum kepada Saudaramu adalah Sedekah. Senyum itu Ibadah. Senyum itu Mudah.Senyum itu Murah. Senyum itu membuat kita Sehat wal'afiat. Dengan senyum, masalah yang sulit menjadi mudah; dengan senyum kita tidak mendramatisir masalah, sehingga ada solusi terbaikdari setiap masalah yang kita hadapi. Dengan senyum, kita tidak akan stress, galau, gelisah, khawatir, takut dan Apriori.

Dengan senyum kita akan Husnudzon, optimis, Ridha, tidak pesimistis, tidak sinis apalagi memvonis, tidak mudah frustasi, sehingga kita ringan menghadapi setiap permasalahan hidup.

Berikut Manfaat dan Keutamaan Senyum, yaitu :

1.Bernilai Ibadah

Rasulullah SAW bersabda “Senyummu ketika berjumpa dengan Saudaramu adalah Ibadah” (H.R Baihaqi)

2.Menghargai Kebaikan

Dari Abu Dzar RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda “Janganlah kamu memandang rendah sedikitpun kebaikan, walaupun sekedar kamu bertemu saudaramu dengan wajah berseri-seri” (H.R Muslim)

3.Menjadi Obat Hati, Fikiran, Jiwa

Rasulullah SAW bersabda : “Janganlah kamu terlalu membebani jiwamu dengan segala keseriusan hidup. Hiburkanlah dirimu dengan hal-hal ringan dan lucu, karena jikalau jiwa terus dipaksa memikul beban-beban yang berat, ia akan menjadi keruh”. (H.R Ibnu Majah)

4.Dapat menenangkan hati yang marah, emosi orang lain, dan diri sendiri

Anas bin Malik meriwayatkan, dia berkata : “Suatu hari aku dan para sahabat berjalan bersama-sama Rasulullah SAW. Ketika itu Baginda memakai selimut dari daerah Najran yang ujungnya agak kasar. Tiba-tiba Baginda bertemu dengan seorang Badui. Tanpa disangka, lelaki Badui itu langsung menarik selimut Rasulullah SAW dengan kuat sehingga aku melihar kesan merah di bahu Baginda. Lelaki Badui itu dengan kasar berkata, ‘Suruh orangmu memberi harta Allah kepadaku yang engkau simpan sekarang juga !’. Kelakuan kasar dan sombong si Badui tersebut membuat para sahabat sangat marah dan ingin menghajarnya. Namun, Rasulullah SAW melayani sikap kasar lelaki Badui tersebur dengan SENYUMAN dan berkata kepada kami dengan senyum manis pula, ‘Berilah lelaki ini makanan apa sahaja yang dia mau’. Kami lantas memberi si Badui makanan yang dia minta. Dan kami tidak jadi menghajar si Badui karena senyuman Rasulullah SAW’.” (H.R Thabrani)

5.Amal Sholeh yang Murah, namun Bernilai Tinggi

6.Senyum bisa mengurangi depresi (Stress)

7.Senyum membantu meningkatkan Sistem Daya Tahan Tubuh

Saat Seseorang tersenyum maka fungsi imun meningkat yang membuat orang yang tersenyum menjadi lebih rileks dan terhindar dari flu dan pilek.

8.Senyum mengontrol tekanan darah

Saat tersenyum maka ada penurunan tekanan darah yang terukur.

9.Senyum bisa jadi obat anti nyeri alami di dalam tubuh

10.Obat Awet Muda Alami

11.Senyum : satu hal biasa menjadi Spesial

12.Ringan tidak bersuara tapi penuh maknaKLA

13.Murah, tapi tidak ternilai dengan Uang

14.Tidak bertenaga tapi besar Motivasinya

15.Sesuatu hal yang mudah, tapi selalu tampak Indah

16.Ibadah paling mudah, tapi pahalanya setara dengan sedekah

17.Senyuman dapat memperpanjang usia.

 

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath Tholaq: 2-3)

 

Sumber        : dikutip dari buku “Atsasi Masalahmu dengan 7S” (Ustadz A Saefulloh MA)

Komentar